Maskot Mitra Kukar F.C Yang Hampir Punah.





Mitra Kukar F.C adalah salah satu club sepakbola yang disegani di Indonesia, karena mempunyai materi-materi pemain yang luar biasa dan juga kekuatan finansial yang cukup besar di bandingkan dengan club-club lain'nya di indonesia, dan salah satu buktinya adalah mereka selalu konsisten setiap tahun mendatangkan pemain-pemain mahal ber-kelas Eropa.

Pada musim ini Mitra Kukar kembali membuat kejutan dengan mendatangkan pelatih anyar asal inggris yang pernah menangani TIMNAS ENGLAND U-15, Scott Joseph Cooper dan juga pemain asal spanyol Cristobal Marquez Crespo yang pernah membela Villareal F.C. di La Liga - Spanyol.

FAKTA

Dibalik kemegahan gemerlap team Ibu Kota Kabupaten Kutai Kartanegara Mitra Kukar F.C, tersimpan sebuah kisah yang amat pilu dan tragis, maskot yang selama ini di bangga-bangga'kan oleh masyarakat Kota Raja dan selalu setia menempel di logo Mitra Kukar F.C ternyata terancam hampir punah. Burung Enggang itulah sebutan untuk burung yang menjadi ikon dalam logo Mitra Kukar F.C.


Burung Enggang atau yang lebih sering dikenal sabagai burung Rangkong ini merupakan burung yang di anggap sakral oleh orang-orang suku dayak ( suku asli kalimantan ), menurut kepercayaan suku dayak, burung enggang merupakan penggambaran sebagai mahluk sakral. Selain memiliki nilai-nilai histori yang cukup banyak ternyata burung enggang banyak diminati oleh kolektor-kolektor dalam negeri maupun mancanegara kerena keindahan paruh'nya atau'pun bulu'nya-bulu'nya, dan hal ini menyebabkan burung Enggang menjadi incaran para pemburu liar, dan seiring waktu berjalan tentunya itu menyebabkan populasi burung Enggang di habitat'nya sekarang ini semakin berkurang.

Para pecinta lingkungan menyebut'kan jika perburuan liar burung Enggang terus dilakukan, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun lagi, burung endemik kalimantan ini akan mengalami fase-fase kepunahan. Sekarang ini saja burung Enggang sangat sulit untuk ditemukan, bahkan di pedalaman kalimantan saja sudah susah untuk menemukan burung ini.

Tidak ada komentar